Assallamualaikum wr.wb
Selamat datang di blog saya,dengan segala keterbatasan dan sedikit ilmu yang saya miliki,semoga ini semua bermanfaat bagi kita,salam sejahtera petani dan peternak Indonesia...aamiin

Rabu, 26 November 2014

PENYAKIT KELINCI

Ingin berbagi sedikit pengalaman saya tentang kelinci

PENYAKIT KELINCI

1.KEMBUNG
Salah satu penyakit yg sering di alami oleh kelinci ku adalah kembung,kembung bisa dikarenakan pola makan yang tidak teratur atau sering memakan makanan yang banyak mengandung sianida (maaf kalo salah tulis,bukan dokter) contoh seperti daun singkong,kangkung.pakan jenis ini harus dilayukan dulu agar getahnya berkurang.

CARA PENANGANANYA

Hal pertama yang biasa saya lakukan adalah
1.Di cangar. Yaitu mengganjal mulut kelinci dengan kayu kecil seukuran pensil,lalu bagian perut kelinci di urut urut ke arah atas atau tenggorokanya,sampai ada angin yang keluar dari mulutnya,biasanya beraroma tak sedap,
2.Diminumin obat masuk angin.seperti antangin atau gazero
3.Di umbar.jika kelinci tidak mau makan.bisa di minumin madu atau susu rendah lactosa

2.DIARE / MENCRET

Jika peces kelinci masih berbentuk namun agak basah maka bisa di berikan obat mencret yang biasa di gunakan manusia.seperti diapet.atau juga bisa di beri obat mencret unggas jika tidak ada obat khusus kelinci.yang biasa saya lakukan adalah,selain pemberian obat di atas saya tambahkan antibiotik seperti dumex atau supertetra,untuk pakan saya berikan daun pisang dan rumput kering,tapi apa bila peces seperti lendir harus pakai antibiotok.pengalaman saya obat mencret untuk ayam cukup epektif di berikan pada kelinci

3.GUDIKAN ATAU SCEBIES

Penyakit seperti ketombe ini yang sering di awali dari ujung kuku kemudian ke hidung dan kuping di sebabkan kandang yang kurang bersih atau kandang terlalu lembab,penanganannya sangat mudah,cukup di suntik sistem suputan dengan wormextin atau dengan cara tradisional yaitu air tembakau.di semprotkan pada kelinci






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

selamat datang,silahkan tinggalkan komentar anda
terimakasih