Assallamualaikum wr.wb
Selamat datang di blog saya,dengan segala keterbatasan dan sedikit ilmu yang saya miliki,semoga ini semua bermanfaat bagi kita,salam sejahtera petani dan peternak Indonesia...aamiin

Rabu, 30 Mei 2012

IKAN LELE

KEBIASAAN HIDUP LELE

    Di alam lele mempunyai kebiasaan memijah pada awal musim hujan,hal ini disebabkan pada musim hujan air
segar mengalir dan terjadi ketinggian air akibatnya terjadi rangsangan untuk kawin dan bertelur.Kondisi seperti ini dapat kita tiru untuk melakukan pembudidayaan di kolam buatan,


cara memijah di alam dapat di ilustrasikan sebagai berikut;
  1. ketika musim hujan datang,lele yang siap pijah akan mencari lokasi yangg sesuai dengan ke inginanya untuk melakukan proses tersebut.
  2. gerombolan lele siap pijah melakukan perkawinan,induk betina meletakan telurnya pada lumut atau akar serabut,secara bersamaan induk jantan menyemprotkan sepermanya pada telur.
  3. beberapa hari kemudian,sesuai suhu setempat barulah telur menetas.
Di alam bebas lele biasanya memakan binatang -binatang renik,seperti kutu air, jentik-jentik,atau pun anak ikan lainya,karena sifatnya yg tergolong karnivora.
Dari sifat dasar lele ini kita dapat belajar bagaimana cara berbudidaya lele yang baik dan benar.
Dulu pada saat saya masih kecil sering ikut mencari lele pada malam hari,karena pada malam hari lele sering berkeliaran di  sungai atau di kali kecil sepanjang pematang sawah,lele tersebut mencari makan dan memangsa ikan ikan kecil seperti anak sepat,wader atau anak seluang.jadi sangat mudah memancing ikan lele pada waktu malam hari.kebiasaan lele makan pada malam hari ini bisa kita jadikan contoh untuk mengatur pola makan ikan peliharaan kita di kolam.banyak petani yang mengeluh dengan hasil panen yang tidak maksimal,hal ini salah satunya di sebabkan oleh pola pemberian pakan yg tidak teratur dan tidak sesuai dengan porsi makanya,seperti halnya kita manusia yang suka nyemil pada saat nyantai di malam hari.apalagi setelah memijah,,,he,he,heee,,,begitu pun juga pada lele atau ikan yang lain,maka dari itu sebaiknya indukan yang habis dipijahkan hendaknya di pisahkan dari induk lain,karena porsi makanya harus lebih banyak dari yg lain,karena sifatnya yang memakan apa saja maka berikanlah cemilan pada malam hari,cemilan tersebut bisa berupa sisa makanan kita,atau daun kates,apu apu.azola.jika kita tinggal di dekat kali carikan ikan ikan kecil lalu lepas di kolam agar  ada aktifitas lain yang di kerjakan ikan,tidak semata mata makan pelet,saya pernah mencoba memelihara ikan wader dan sepat di kolam saya,karena ikan ini cepat berkembang biak,setelah ikan ini banyak barulah saya masukan bibit ikan lele,alhasil ini dapat mengurangi ransum pakan cukup banyak,dari 1000 bibit ukuran 2-3 yang di tabur.menghabiskan pelet 2.5 zak,menghasilkan 1 14 kg ikan dalam waktu 2,1 bulan,,,,,lumayankan,kalau standartnya mungkin itu harus menghabiskan 4zak pelet,,,,,yach bisa buat beli rokok lah,,,ini pengalaman pribadi saya lho,,,mungkin berbeda dgn yg lain,,,maklum modal bonek aja....tapi boleh di coba lhoooo,,,,,

sebelum kita berbicara masalah budidaya lele....ada baiknya kita berbicara masalah kolam tampat berbudidaya lele.
kita membuat kolam tentunya dengan tujuan agar ikan dapat hidup dan berkembang dengan baik,dengan satu harapan mendapat hasil panen yang melimpah...dari itu kita harus mengenal bagaimana kehidupan lele tersebut,walaupun tidak sepenuhnya harus sama persis,tentunya ada point-point tertentu yang dapat menentukan hasil panen sesuai target.
dalam pembuatan kolam selain penyesuaian tempat,bagi yg mempunyai keterbatasan tempat, ketinggian air dan hal pokok adalah membuat saluran sirkulasi air dengan sistem yg mempermudah kita melakukan hal tersebut.pembuatan kolam ada beberapa jenis,seperti kolam tanah,kolam beton,kolam terpal.

hal-hal yg perlu di perhatikan dalam pembuatan kolam beton;
  1. kolam harus terkena sinar matahari minimal 4-6 jam sehari,kecuali untuk pembibitan bisa dibuat kolam semi indoor.artinya tertutup pada bagian atas saja,pada bagian samping sekeliling kolam tetap terbuka agar tetap ada sirkulasi angin untuk menjaga ke setabilan suhu air.
  2.  ketinggian air hendaknya minimal mencapai 80cm, 
  3. adanya central drain,yaitu kemiringan dasar kolam menuju pada satu titik yang terhubung dengan pipa pembuangan air kolam.
  4. buatlah gelas duga dari pipa paralon untuk mengatur ketinggian air kolam secara otomatis jika terjadi hujan agar air tidak meluber.
  5. buat saluran pipa pengisian air kolam.
Hal-hal tersebut di atas menurut pengalaman saya mutlak adanya,guna menunjang produktifitas kinerja kita di kolam,




PEMBENIHAN


   Kegiatan pembenihan adalah merupakan keguatan awal dalam budidaya.Tanpa kegiatan pembenihan maka fase fase yang lain tak dapat terlaksana.kegiatan pembenihan adalah kegiatan yang tersulit dalam budidaya lele.karena sangat membutuhkan perhatian dan ketelitian.pemahaman terhadap situasi yang terjadi di kolam sangat menentukan keberhasilan dalam pembenihan.mulai dari keadaan air.suhu dan kesehatan larva larva yang baru saja menetas.hal lain yang juga sangat menentukan keberhasilan dalam pembenihan adalah kuwalitas induk yang di gunakan dalam proses pemijahan serta kematangan telur.

4 komentar:

  1. ㄗしモ丹ちモ ∨工ち工丅 爪ㄚ 阝し◯ム ◯几 nicky0852.blogspot.com

    BalasHapus
  2. teng yu...for u coment....

    BalasHapus
  3. makasih bro atas ilmunya yg telah di bagi disini ,saya perlu bljar bnyak tntng pembesaran lele bro,mhn bntuanya y .mksihhh

    BalasHapus
  4. terimakasih juga Gan atas kunjunganya di blog saya yg masih brantakan....maklum yg buat petani....saya berharap ini ada manfaatnya bagi kita....walau begini adanya....

    BalasHapus

selamat datang,silahkan tinggalkan komentar anda
terimakasih